Contoh Teks Deskripsi, Pengertian & Ciri-Cirinya

Contoh Teks Deskripsi - Pengertian Teks deskripsi adalah sebuah teks paragraf yang berisi penjelasan atau gambaran dari suatu tempat, objek, dsb sesuai dengan topik yang disampaikan kepada para pembaca supaya pembaca bisa mengetahui topik yang dijelaskan atau digambarkan pada teks tersebut secara detail dan jelas.
Contoh Teks Deskripsi
Contoh Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Berdasarkan pernyataan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian teks deskripsi yaitu teks yang berbentuk paragraf yang mendeskripsikan atau menjelaskan tentang suatu objek, tempat, orang dan lain sebagainya.

Teks deskripsi digunakan untuk memberikan gambaran jelas tentang suatu hal, kejadian atau peristiwa. Bukan hanya itu teks deskripsi juga bisa digunakan untuk memberikan gambaran informasi tentang seseorang, seperti contoh teks deskripsi tentang artis, presiden, ayah, ibu, dll.

Ciri-Cirinya teks deskripsi

  1. Berisikan penggambaran atau penjelasan suatu objek 
  2. Penggambaran atau penjelasan suatu objek yang menjadi topik di tuliskan secara detail, artinya penjelasan atau penggambaran di dalam teks deskripsi akan membuat pembacanya mengerti secara jelas dengan apa yang dijelaskan dalam teks tersebut.
  3.  Ketika pembaca membaca teks deskripsi, pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami secara langsung  apa yang sedang dibicarakan pada teks tersebut.
  4. Teks deskripsi berisikan paragraf yang menjelaskan suatu objek berdasarkan warna, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri fisik maupun psikis objek tersebut dengan sangat detail.

Contoh teks deskripsi beserta strukturnya

Contoh teks deskripsi pada dasarnya sudah banyak beredar baik secara online maupun dalam bentuk cetak atau tertulis. Dalam kehidupan sehari-hari contoh teks deskripsi dapat dengan mudah kita temukan dalam bentuk majalah maupun surat kabar lainnya.

Berikut ini adalah contoh teks deskripsi:
Makanan nasi goreng yang dijual Pak Anto sangat terkenal enak di Bandung, nasi goreng ini dimasak menggunakan tunggu yang berbahan bakar arang sehingga aromanya khas dengan tambahan daging ayam serta telur yang membuatnya terasa lebih sedap. Walau terbilang terkenal harga satu porsi nasi goreng buatan Pak Anto tidaklah mahal kita hanya perlu membayar Rp.12.000,00 untuk satu porsi nasi goreng lengkap dengan daging ayam dan kerupuk.
Kemarin aku bertemu dengan teman yang sudah lama kami tidak bertemu,ketika itu aku sedang berjalan di taman ketika aku melihat seorang  wanita yang mengenakan kacamata, ia sedang duduk di bangku taman tepat di bawah sebuah pohon. Rambutnya panjang dan hitam yang terurai melambai-lambai  tertiup hembusan angin. Saat aku melewatinya wajahnya terasa tidak asing bagiku dan ternyata tak lama kemudian wanita itu memanggil namaku lalu ia mengatakan bahwa ia adalah Diah temanku sewaktu Kuliah dulu.
Demikianlah informasi singkat mengenai Contoh Teks Deskripsi, Pengertian & Ciri-Cirinya, semoga mata pelajaran bahasa indonesia ini bermanfaat bagi anda para siswa-siswi yang sedang semangat belajar.