Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler

Selamat datang diwebsite kami bagi para pelajar terutamanya, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler dengan memahami berbagai istilah itu diharapkan kalian bisa bertambah ilmu pengetahuannya.

Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler
Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler

Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler

Pengertian Imigrasi

Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat atau negara luar ke dalam negeri dengan tujuan ialah menetap. Orang yang melakukan imigrasi tersebut disebut imigran. Contoh orang Jepang pindah dan menetap ke Indonesia

Pengertian Remigrasi

Remigrasi adalah perpindahan atau kembalinya penduduk asing ke negara asalnya. Sebagai Contoh TKI di Jepang pulangn kembali ke Indonesia.

Pengertian Urbanisasi

Urbanisasi adalah  perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan  ialah menetap atau juga mencari pekerjaan. Contoh penduduk dari desa di daerah Blora pergi ke Jakarta.

Pengertian Transmigrasi

Transmigrasi adalah  perpindahan penduduk dari pulau yang padat ke daerah atau  pulau yang masih jarang penduduknya. Contoh penduduk dari pulau Jawa pindah ke pulau Papua.

Pengertian Sirkuler

Sirkuler adalah  gerak penduduk dari suatu wilayah yang menuju wilayah lain dengan tidak ada niatan atau tujuan menetap di daerah tujuan. Contoh di Indonesia (menurut dari batasan sensus penduduk) sirkuler tersebut dapat didefinisikan ialah sebagai gerak penduduk yang melintasi suatu batas provinsi menuju ke provinsi lain dalam jangka waktu ialah 6 bulan.

Pengertian Emigrasi

Emigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah atau negara asal ke negara luar dengan tujuan bekerja atau menetap. Orang yang melakukan emigrasi tersebut disebut dengan emigran. Sebagai contoh orang Indonesia pergi ke Jepang dan menjadi tenaga kerja Indonesia.


Demikianlah pembahasan pelajaran IPS yang cukup singkat tentang Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler, kami yakin jika anda mempelajari terus amaka anda bisa dengan mudah menghapalnya sehinga dengan mudahnya anda menjawab semua soal-soal yang diberikan oleh pengajar anda.