Pengertian, Struktur Teks dan Contoh Teks Negosiasi

Pengertian, Struktur Teks dan Contoh Teks Negosiasi - baiklah masih dalam pelajaran bahasa indonesia dan yang segera kita bahas kali ini menegenai teks negosiasi yaitu antara lain pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan dan contoh teks negosiasi dan kami harap materi yang akan kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.
Pengertian, Struktur Teks dan Contoh Teks Negosiasi
Contoh Teks Negosiasi

Pengertian Teks Negosiasi

Teks negosiasi merupakan teks yang berisi interaksi sosial antara satu orang dengan lainnya yang berfungsi untuk menetapkan keputusan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan berbeda. Kedua belah pihak dalam negosiasi ini memiliki hak atas hasil akhir. Hasil akhir dalam negosiasi ini memerlukan persetujuan kedua belah pihak sehingga terjadi proses saling memberi dan menerima sesuatu untuk mencapai kesepakatan bersama.

Struktur Teks Negosiasi

Setiap teks mempunyai struktur, begitupun dengan teks negosiasi. Struktur teks negosiasi terdiri atas pembukaan, isi, dan terakhir yaitu penutup. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat penjelasannya dibawah ini.
  1. Pembakaan, merupakan bagian awal dari sebuah negosiasi yang biasanya berisi kata salam atau sapa dan juga pengenalan diri.
  2. Isi, pada bagian ini terbagi menjadi dua bagian yaitu penyampaian materi dan tawar menawar dan penyelesaian masalah. Penyampaian materi merupakan bagian yang berisi pertanyaan atau pemberitahuan mengenai objek atau permasalahan. Sedangkan tawar-menawar dan penyelesaian masalah adalah bagian dimana kedua belah pihak saling bernegosiasi hingga akhirnya mendapatkan suatu keputusan.
  3. Penutup, merupakan bagian akhir akhir dari teks negosiasi.

Contoh Teks Negosiasi

Langsung saja mari kita simak contoh teks negosiasi singkat dibawah ini:
A : Ada yang bisa saya bantu?.
B : Saya ingin pesan baju seperti ini (menyodorkan desain baju).
A : Oh desain ini ya, ukurannya untuk badan seperi bapak?
B : Iya.
A : Oh desain seperti ini kami beri harga 500rb.
B : Terlalu mahal itu, tidak bisa turun?.
A : Bisa, tapi turun pun hanya sedikit. Paling kita beri harga 450rb bagaiamana?
B : Baiklah saya setuju. Saya harap baju ini bisa selesai tepat waktu,
A : Kami selalu mengusahakan untuk tidak mengecewakan pembeli pak.
 Itulah informasi ringan tentang Pengertian, Struktur Teks dan Contoh Teks Negosiasi, semoga dengan pemaparan yang baru saja anda baca itu dan beserta contoh teks negoisasi bisa memudahkan anda dalam mengerti segala hal yang berkaitan dengan teks negoisasi, sekian dan sampai jumpa lagi.