Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Ulasan

Pada kesempatan kali ini kita akan  membahas secara lengkap mengenai Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Ulasan. Yang akan kita bahas mengenai teks ulasan diantaranya pengertian, struktur teks, dan contoh teks ulasan yang kami harap bisa bermanfaat untuk tugas bahasa indonesia kalian, agar kalian mampu menjawab pertanyaan dengan mudah.

Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Ulasan
Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Ulasan

Pengertian Teks Ulasan

 Teks ulasan yaitu teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya (drama atau film). Mengulas suatu film dan drama mengharuskan kita untuk bersikap kritis. Sikap kritis ini sangat penting agar ulasan yang kita tulis tersebut berkontribusi bagi kemajuan film dan drama itu sendiri.

Struktur Teks Ulasan

 Struktur teks itu adalah bagian-bagian yang membangun sebuah teks sehingga menjadi suatu teks yang utuh. Adapun struktur yang membangun teks ulasan terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.
  1. Orientasi, berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya (film dan drama) yang akan diulas. Gambaran umum ini menyiapkan "latar belakang" bagi pembaca mengenai apa yang akan diulas.
  2. Tafsiran, berisi gambaran detail mengenai sebuah karya (film dan drama) yang diulas, misalnya bagian-bagian dari hasil karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dan sebagainya.
  3. Evaluasi, berisi pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas. Hal ini dilakukan setelah melakukan tafsiran yang cukup terhadap hasil karya tersebut. Pada bagian ini penulis akan menyebutkan bagian yang bernilai (kelebihan) atau bagian yang kurang bernilai (kekurangan) dari suatu karya (film dan drama).
  4. Rangkuman, berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya (film dan drama). Bagian ini juga memuat komentar penulis apakah hasil karya tersebut bernilai/berkualitas atau tidak untuk ditonton/disaksikan.
Baca juga: contoh teks cerita sejarah beserta strukturnya

 Demikianlah informasi singkat pelajaran bahasa indonesia mengenai Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Ulasan, semoga dengan penjelasan diatas membuat anda menjadi mengerti pengertianteks ulasan, sekian dan terimakasih.