Contoh Hasil Laporan Pengamatan Bahasa Indonesia

Pada kesempatan ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa indonesia, ya kali ini kita akan membahas tentang Contoh Hasil Laporan Pengamatan Bahasa Indonesia, Jika kita bisa membuat laporan pengamatan, kita bisa mendapatkan hasil yang lebih fakta dan sesuai dengan aturan dalam pembuatan makalah laporan. Contoh penerapan laporan yang banyak dilakukan yaitu membuat pengamatan tentang sebuah masalah, kemudian hasilnya akan dibuat laporan untuk dianalisa kemudian dicarikan solusi penyelesaian masalah agar masalah tersebut menjadi selesai.
Contoh Hasil Laporan Pengamatan Bahasa Indonesia
Contoh Hasil Laporan Pengamatan Bahasa Indonesia


Contoh Hasil Laporan Pengamatan Bahasa Indonesia

Latar Belakang : Ingin mengamati dan mengetahui secara pasti tentang kebersihan kantin Sekolah SMP 12 Bandung.
Tujuan Pengamatan : Mengamati kebersihan kantin, kemudian mencari solusi.
Waktu dan Tempat Pengamatan : Rabu, 20 Juli 2016 dikantin Sekolah SMP12 Bandung.
Metode : Pengamatan dan Dialog.
Hasil Pengamatan :
Setelah saya mengamati kantin dari jam 08.00-10.45 ternyata masih ada juga siswa yang sengaja membuang sampah sampah sembarangan. Selain mengamati saya juga berdialog dengan salah satu pedagang kantin. Berikut percakapan dialog saya dengan salah satu pedagang kantin.
  • Budi : Selamat  pagi Bu, Boleh saya minta waktu sebentar untuk wawancara tentang kebersihan kantin?
  • Pedagang : Iya selamat pagi nak, Boleh silakan. Mau tanya apa?
  • Budi : Saya lihat disekitar kantin ini masih banyak siswa yang membuat sampah sembarangan, apakah Pedagang kantin tidak mengeluhkan ini?
  • Pedagang : Sebenarnya saya sudah sering memperingatkan kepada siswa yang beli jajanan di meja saya untuk selalu membuang sampah di tempatnya, bahkan saya sudah menyediakan tempat sampah sendiri, namun ternyata lebih banyak siswa yang masih buang sampah. 
  • Budi : Oh begitu ya, Kemudian apakah pihak sekolah pernah membicarakan ini dengan pihak pengelola kantin?
  • Pedagang : Sudah, minggu lalu pengelola kantin dan pihak sekolah sudah rapat, dan kami sudah sepakat. Mungkin besok baru akan diumumkan kepastiannya oleh pihak sekolah.
  • Budi : Saya harap juga keputusannya tepat, dan bisa mengurangi siswa yan gmembuang sampah sembarangan. Terimakasih.
Kesimpulan : Kondisi kebersihan kantin sekolah masih belum cukup baik, karena masih ada siswa yang membuang sampah secara sembarangan. Pihak kantin dan Pihak Sekolah juga sudah merapatkan untuk mengatasi masalah ini, tinggal menunggu pengumuman kebijakan yang akan segera diumumkan.

Demikianlah artikel pendidikan mengenai Contoh Hasil Laporan Pengamatan Bahasa Indonesia, semoga dengan adanya contoh ini menambah ilmu pengetahuan anda sehingga anda mampu untuk membuat sendiri contoh hasil laporan pengamatan bahasa indonesia dengan baik dan benar serta lebih detail lagi.